Penyebab rem mobil harus dikocok

Penyebab rem mobil harus dikocok 



Penyebab rem mobil harus dikocok diawali dengan pengereman yang tidak "menggigit" meskipun pedal sudah diinjak dalam-dalam. Apabila keadaan ini dibiarkan tanpa perbaikan, lama kelamaan rem serasa hilang sehingga injakan harus semakin dalam dan perlu dikocok-kocok.


Menurut Suwarno, rem yang harus dikocok ini timbul karena adanya udara palsu dalam sistem pengereman. Udara inilah yang membuat tekanan pedal rem tidak bisa langsung diteruskan ke masing-masing silinder roda.

Alhasil, dengan menekan dan melepas berulang-ulang, udara di dalam sistem rem akan terkompresi. Barulah kemudian tekanan pedal rem bisa sampai ke silinder roda.Padahal seharusnya, ia menjelaskan ruang pada sistem rem tidak berisi udara, melainkan minyak rem.

Menurut Suwarno timbulnya udara palsu dalam sistem rem disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya panas pada minyak rem yang disebabkan tekanan di pedal rem.

Suhu yang naik ini akan mengurangi kekentalan cairan rem. Semakin rendah kekentalan cairan, cenderung akan cepat panas atau mendidih.

Kalau sudah mendidih, maka bakal muncul uap, di mana salah satu unsur di dalam uap adalah udara.

"Udara ini yang kemudian terjebak di dalam ruangan sistem rem. Lama lama akan berkumpul dan semakin banyak seiring dengan usia pemakaian minyak rem," ucapnya.

Ia menambahkan hal-hal yang perlu diperhatikan agar udara palsu tidak masuk ke sistem rem yakni memeriksa permukaan cairan rem pada recervoir tank setiap hari. Kemudian lakukan penggantian minyak rem secara periodik, atau setiap 20 ribu km.

"Saat mengganti minyak rem, gunakanlah minyak rem yang sejenis, atau yang direkomendasikan pabrikan. Bila lain jenis, dikhawatirkan terdapat perbedaan karakter yang dapat mempengaruhi daya tahan komponen sistem rem, terutama seal-seal, baik di master maupun wheel cylinder," kata dia yang dilangsir oleh phankz.com

Suwarno melanjutkan lakukan juga perawatan dan bersihkan rem secara berkala, atau setiap 10 ribu km.


Post a Comment

0 Comments