Hitung primbon jawa dengan lengkap

Hitung primbon jawa dengan lengkap



Primbon Jawa Lengkap Dan Tata Cara Menghitung Weton – Bagi masyarakat jawa yang kental akan budaya dan warisan leluhur tentu sangat mengenal primbon jawa. Primbon merupakan kitab yang diwariskan oleh leluhur jawa dan berorientasi pada hubungan (relasi) antara alam semesta dan kehidupan manusia. Primbon bagi masyarakat jawa memiliki fungsi untuk dijadikan pedoman dalam menentukan sikap dan tindakan selama masa kehidupan.

Di dalam primbon jawa lengkap dengan hitungan-hitungan berdasarkan weton untuk meramal hari baik atau buruk, ramalan jodoh, hingga watak dan hubungan percintaan. Tafsiran yang terdapat di dalam primbon sangat dipercaya khususnya oleh masyarakat jawa dengan menghitung jumlah neptu dari weton jawa.

Weton jawa merupakan sistem penanggalan yang dipercaya sejak jaman dahulu oleh masyarakat suku jawa secara tradisional. Weton sama dengan penanggalan Hijriah, Tionghoa, dan sistem penanggalan lainnya dimana jumlah hari dalam weton sama yaitu berjumlah 7 hari.

Namun yang membedakan penanggalan primbon jawa lengkap dengan penanggalan lainnya terletak pada pancawarna. Pancawarna merupakan suatu istilah untuk menyebutkan lima hari pasaran di dalam penanggalan jawa, yaitu Pahing, Wage, Kliwon, Pon, dan Legi.

Sistem penanggalan jawa atau weton biasanya digunakan untuk berbagai urusan penting seperti menentukan jodoh, hari bercocok yang baik, penanda hari kelahiran, dan urusan bisnis. Hal tersebut didapat berdasarkan hitungan jawa dari weton dan pancawarna. 

Neptu merupakan jumlah yang dimiliki oleh setiap hari maupun setiap pancawarna di dalam penanggalan jawa, fungsi neptu digunakan untuk menentukan hari baik berdasarkan angka yang didapatkan dari penjumlahan neptu. Berikut ini jumlah neptu berdasarkan penanggalan Islam:

  1. Hari Minggu memiliki neptu berjumlah 5
  2. Hari Senin memiliki neptu berjumlah 4
  3. Hari Selasa memiliki neptu berjumlah 3
  4. Hari Rabu memiliki neptu berjumlah 7
  5. Hari Kamis memiliki neptu berjumlah 8
  6. Hari Jumat memiliki neptu berjumlah 6
  7. Hari Sabtu memiliki neptu berjumlah 9

Sedangkan jumlah neptu berdasarkan pancawarna dalam penanggalan jawa adalah sebagai berikut:

  1. Pahing memiliki neptu berjumlah 9
  2. Wage memiliki neptu berjumlah 4
  3. Legi memiliki neptu berjumlah 5
  4. Kliwon memiliki neptu berjumlah 8
  5. Pon memiliki neptu berjumlah 7

Cara menghitung weton jodoh bisa dilakukan dengan menghitung hari lahir Anda dan pasangan Anda. Anda hanya perlu menjumlahkan neptu berdasarkan penanggalan Islam dengan neptu berdasarkan penanggalan jawa. 

Langkah pertama dalam menghitung weton adalah jumlahkan terlebih dahulu salah satu hari lahir Anda atau pasangan Anda. Jika pasangan Anda lahir pada Senin wage, maka jumlah neptu yang dimiliki oleh pasangan Anda adalah Senin (4) dan wage (4) sehingga jumlah neptu pasangan Anda 4+4 adalah 8.

Jika Anda lahir pada Jumat pahing, maka Anda akan mendapatkan hitungan weton sebagai berikut, Jumat (6) dan pahing (9), sehingga jumlah neptu Anda adalah 6+9 yaitu 15.

Langkah terakhir adalah menjumlahkan neptu pasangan dengan neptu Anda sehingga menghasilkan angka 8+15 yaitu 23. Jumlah neptu inilah yang digunakan sebagai acuan untuk melihat ramalan atau tafsiran berdasarkan penanggalan primbon jawa lengkap. 

Post a Comment

0 Comments